Rabu, 13 November 2019

Pengaruh Globalisasi terhadap Indonesia

15 Oktober 2018   11:05 Diperbarui: 15 Oktober 2018   12:51  1  0 0

Siapa yang tak mengenal kata globalisasi, belakangan ini dunia sangat booming dengan kata "globalisasi". pasti kata globalisasi sudah sangat sering kita dengar. 
Untuk yang masih bingung apa itu globalisasi, globalisasi merupakan bentuk hubungan sosial mendunia dan berkaitan satu sama lain, maka jika terjadi sesuatu pada salah satu tempat biasanya berdampak pada tempat yang lainnya. 
Globalisasi sendiri tidak mengenal yang namanya batas-batas wilayah, sampai ke aturan lokal, regional. kebijakan Negara yang dapat mengurangi ruang gerak masuknya nilai, ide, pikiran atau gagasan yang dianggap sudah merupakan kemauan masyarakat dunia sudah seharus dihilangkan. 
Dampak globalisasi sendiri sangat cepat berkembang, mempengaruhi disekelilingnya. Bahkan dampak globalisasi tak hanya dirasaka Indonesia saja, dampak tersebut juga masuk ke berbagai belahan dunia.
Ada suatu pendapat tentang globalisasi yaitu menurut Mansour Fakih bahwa era Globalisasi ditandai dengan semakin majunya peran pasar, investasi dan bidang ekonomi secara global saling berhubungan satu sama lainnya.
Apakah kita sebagai masyarakat Indonesia sudah merasakan dampak globalisasi? Dampak daari globalisasi itu sendiri sangat luas dan biasanya sangat berpengaruh.
Perlu kita tahu pengaruh merupakan suatu ketertarikan yang kemudian menjadi kebiasaan yang sering kita lakukan ntah itu positif maupun negatif. Banyak dari kita masyarakat Indonesia yang tanpa sadar sudah terpengaruh oleh dampak global itu sendiri. Tidak dipugkiri bahwa hal tersebut bahkan ikut terbawa keseharian kita. Pengaruh global yang sering terjadi yaitu budaya eropa yang semakin hari semakin menguasai kita. Selain dari itu, pengaruh lainnya juga sangat banyak.
Di jaman yang modern seperti sekarang ini, apapun yang kita inginkan dengan mudah terpenuhi jika memiliki uang. Tak hanya jaman saja yang maju, masyarakat pun juga sudah sangat maju apalagi dalam menentukan pilihan suatu kualitas.
Istilah kata industrialisasi secara ekonomi dapat diartikan sebagai himpunan perusahaan-perusahaan sejenis yang mana kata industri disangkutkan dengan kata yang menerangkan jenis industrinya. Contohnya saja, industri obat-obatan dan sebagainya.
Pengaruh globalsasi terhadap indstrialisasi contoh kecilnya masyarakat lebih memilih produk luar ketimbang produk dalam negeri sendiri. Perusahaan perusahaan lokal saat ini kalah dengan perusahaan perusaan asing. Kenapa? 
Sebab dari segi kualitasnya produk asing lebih bagus. Apakah artinya produk lokal jelek? Tidak, biasanya masarakat cenderung lebih memilih merk yang bennar benar sudah besar namanya di kalagan masyarakat. Sebenarnya itu merupakan PR besar bagi Indonesia bagaimana cara menigkatkan image kualitas produk lokal.
Tahukah kamu, ada beberapa faktor penyebab masuknya globalisasi yaitu fakor ekstern dan faktor intern. Globalisasi sendiri merupakan suatu ketergantungan dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan budaya antarbangsa di dunia.
 Dampak yang disebabkan oleh globalisasi itu sendiri terdapat dampak positif dan negatif, dampak positifnya seperti dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, memenuhi tenaga kerja, dan dapat mempercepat pemerataan persebaran penduduk. Tak lepas dari itu yang perlu kita takuti adalah dampak negatifnya. 
Yaitu, globalisasi menyebabkan ketergantungan ekonomi antar negara, Globalisasi juga menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk secara besar-besaran. 
Penduduk bergerak meninggalkan tanah kelahirannya menuju kota lain yang menawarkan pekerjaan dengan jaminan upah yang lebih baik. perpindahan tenaga kerja ini terus meningkat setiap tahunnya akibat adanya percepatan pembangunan ekonomi di kota-kota besar. 
Sementara itu, kesulitan ekonomi dan sempitnya lapangan pekerjaan serta rendahnya upah di daerah asal, mendorong penduduknya untuk mengadu nasib ke kota-kota besar meskipun tanpa bekal keahlian, dokumen dan persiapan yang memadai.
Maka dari itu, kita sebagai masyarakat yang modern harus pandai dalam menyaring pengaruh globalisasi ini, yang mana berguna untuk kia sendiri. Efeknya tentu untuk kita sendiri dsn tenttunya berpengaruh juga bagi sekita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar